Rabu, 17 Juli 2013

SARASEHAN ULAMA Dukung Persalinan Aman, IMD dan ASI Ekslusif

Probolinggo, Jurnalis Warga – Sarasehan Ulama Dukung Persalinan Aman, IMD (Inisiasi Menyusu Dini) dan ASI Ekslusif difasilitasi LPA (Lembaga Perlindungan Anak) di bawah Program USAID Kinerja digelar di Ruang Pertemuan Tengger Pemda Kabupaten Probolinggo (16/07). Rudjiono, Ketua LPA (Lembaga Perlindungan Anak) Kabupaten Probolingo dalam sambutannya menjelaskan bahwa Sarasehan Ulama bertujuan untuk menyamakan persepsi, sinergisme, kolaborasi peran dan fungsi multipihak (Ulama, Penyedia Layanan Kesehatan (Tenaga Medis dan Sarana Medis), Pengguna Layanan Kesehatan (Masyarakat Umum) dan Birokrasi (Pemerintah) demi mendukung suksesnya Persalinan Aman, Inisiasi Menyusu Dini (IMD) dan Pemberian ASI Ekslusif di Kabupaten Probolinggo.Senada dengan Rusdjiono, Kepala Puskesmas Sumberasih, dr. Hary Dwi Utomo, M.Kes menegaskan untuk Sarasehan perlu ditindaklajuti dengan sosialisasi dan kampanye bersama (multipihak), terutama kalangan ulama dan tenaga medis agar tidak terjadi perbedaan persepsi tentang persalinan aman dan pola penanganannya.
Drs. H.A.Wafi Rawi, M.Pdi, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo mengutip ayat Al quran terkait ASI Ekslusif di dalam Surat Al Baqarah ayat 233 yang artinya : “ para ibu hendaknya menyusukan anak-anaknya selama 2 (dua) tahun penuh, yaitu bagi ingin menyempurnakan penyusuan “. Jadi dalam Islam itu wajib hukumnya memberikan ASI Ekslusif kepada bayi, katanya serius.
Ismail Panji, Ketua KPAI (Komisi Penanggulangan Aids Indonesia) Kabupaten Probolinggo menyarankan agar kerjasama multipihak ini terus digalakkan, terutama menyangkut peran serta Ulama untuk mendorong suksesnya Persalinan Aman, IMD dan ASI Ekslusif, tegasnya.(JW BUKHARI-Kab.Probolinggo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar