Sabtu, 06 Juli 2013

Auditor U.S Agency for International Development, Murah Senyum

Probolinggo, Jurnalis Warga – Auditor U.S Agency for International Development, Mr. Randall Ase asal Amerika dan Mrs. Samneiliza Yamoyam Soriano, CPA asal philipine melakukan Audit terhadap Program USAID KINERJA bidang Penguatan Iklim Usaha (Perijinan Terpadu Satu Pintu di Kantor Perijinan dan Penanaman Modal) Kabupaten Probolinggo (05/07) . Audit Program USAID KINERJA dilakukan di secara terpisah terhadap OMP (Organisasi Mitra Program), Penyedia Layanan (Kantor Perijinan dan Penanaman Modal – KPMP) Kabupaten Probolinggo dan Pengguna Layanan (Forum Pengusaha). Kesan seram yang dilekatkan terhadap Tim Auditor ternyata tidak terbukti, Mr. Randal dan Mrs. Sam begitu masuk ke ruangan Kantor Perijinan dan Penanaman Modal (KPMP) Kabupaten Probolinggo langsung menebarkan senyum dan keakraban. Dina Limanto, Project Coordinator USAID KINERJA Jawa Timur menjelaskan bahwa Audit tersebut bukan dimaksudkan untuk menilai Kinerja KPMP (Kantor Perijinan dan Penanaman Modal) Kabupaten probolinggo, tetapi lebih kepada capaian Program Kinerja USAID di Kabupaten Probolinggo, menyangkut penguatan kelembagaan PTSP (Perijinan Terpadu satu Pintu).
Kedatangan Tim auditor USAID, Rombongan USAID Indonesia, LPSS (Local Public Specialist Services), Organisasi Mitra Pelaksana (OMP) – PUPUK Surabaya, Forum Pengusaha dan Jurnalis Warga disambut hangat oleh Kepala KPMP (Kantor Penanaman Modal dan Perijinan) Kabupaten Probolinggo, H. Saleh, M.Si. bahkan pada kesempatan berbeda, Tim Auditor menyempatkan Tour (sidak) ke semua ruangan di Kantor Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten Probolinggo. Terlihat jelas senyum mengembang, disertai anggukan kepala beberapa kali saat masuk ruangan pertanda tidak ada masalah serius yang perlu dicatat dengan tinta merah.
Mrs. Samneiliza Yamoyam, CPA – Auditor memberi kesempatan kepada Forum Pengusaha tentang apa yang perlu ditingkatkan terhadap Penyedia Layanan Publik? Tentu saja kesempatan itu langsung disambut positif Forum Pengusaha dengan memberikan rekomendasi bahwa Kabupaten Probolinggo perlu membangun Kantor PTSP (Perijinan Terpadu satu Pintu) yang baru (proporsional), penambahan SDM (profesional), penambahan Klinik Konsultasi Bisnis (dipruntukkan bagi usahawan pemula, sebelum mengurus ijin). Mrs. Sam – Auditor ingin sebuah alasan logis mengapa Forum Pengusaha merekomendasikan hal tersebut? Forum Pengusaha menjelaskan bahwa Kabupaten Probolinggo memiliki beberapa potensi besar diantaranya, Bidang Kelautan, Bidang Pertanian, Pembangkit Listrik Terbesar di Jawa dan Bali, dan Gunung Bromo untuk Pariwisata. Kabupaten Probolinggo butuh Etalase Mewah (Kantor PTSP yang Profesional & Proporsional) untuk meningkatkan minat investor Domistik maupun Luar Negeri, ujar Forum Pengusaha menegaskan.(JW BUKHARI-Kab.Probolinggo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar