Selasa, 02 Juli 2013

KH. MOH. BAIDURI FAISAL : “MSF DIPIMPIN BIROKRAT, PASIF “

Probolinggo, Jurnalis Warga – KH. Moh. Baiduri Faisal, PP. Zainul Hasan Genggong – Pajarakan Kabupaten Probolinggo pada pertemuan MSF Bidang Kesehatan di Ruang Pertemuan BLH (Badan Lingkungan Hidup) Kabupaten Probolinggo menegaskan bahwa MSF Bidang Kesehatan sudah waktunya diserahkan kepengurusannya kepada Tokoh Masyarakat yang terlibat aktif dalam kegiatan sosial dan kesehatan masyarakat. Menurut Kyai yang humoris ini, pasalnya MSF Bidang Kesehatan selama ini dipimpin oleh kalangan Birokrat dan faktanya tidak berjalan sesuai harapan. “Bagaimana mungkin penyedia layananan kesehatan, menilai dirinya sendiri?” ujarnya bertanya. Makanya reorganisasi, restrukturisasi dan revitalisasi pengurus MSF Bidang Kesehatan harus segera diwujudkan, agar fungsi dan peran MSF Bidang Kesehatan profesional dan proporsional.
Lebih lanjut Kyai Baiduri Faisal menjelaskan sejarah terbentuknya MSF Bidang Kesehatan dan dipimpin oleh kalangan Birokrat. Sejak awal kami sudah memberikan pemahaman terkait tugas dan fungsi MSF Bidang Kesehatan kepada semua stakeholder yang hadir ketika itu, tetapi karena mayoritas stakeholder yang hadir dari kalangan Birokrasi, maka mengikuti suara mayoritas terpilih Ketua MSF Bidang Kesehatan dari Birokrat, baik level Kabupaten maupun level Kecamatan dan hanya satu Kecamatan yang mampu menterjemahkan pemikiran MSF Bidang Kesehatan sesuai pengarahan kyai Baiduri Faisal, yaitu Kecamatan Krucil dan dipimpin oleh Tokoh masyarakat dan terbukti bisa berjalan baik. Kyai Baiduri juga mengharapkan Jurnalis Warga mampu berperan aktif mendorong gerakan reformasi birokrasi untuk tata kelola pemerintahan yang baik dan gerakan multipihak untuk terwujudnya visi dan misi Bupati Probolinggo tentang Probolinggo dan Layanan Publik yang prima.
Rusdjiono, Ketua LPA (Lembaga Perlindungan Anak) Kabupaten Probolinggo, menegaskan bahwa terbentuknya MSF Bidang Kesehatan diharapkan menjadi wadah bagi relawan yang peduli kesehatan untuk memberikan sumbangsihnya. MSF Bidang Kesehatan sangat diperlukan untuk membangun pola hidup sehat masyarakat dan bahkan ke depan bisa menjadi agen perubahan di bidang yang lain, olehnya kita libatkan semua pemangku kepentingan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Ormas, kalangan birokrasi bidang kesehatan dan Jurnalis Warga. (JW BUKHARI-Kab.Probolinggo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar