Selasa, 02 Juli 2013

MOBIL AMBULANCE BROMO-SUKAPURA TIDAK BEROPERASI

Probolinggo, Jurnalis Warga - Kremat, Kepala Desa Jetak Kecamatan Sukapura mengungkapkan kegelisahannya terkait Desanya yang terletak di lereng Gunung Bromo dengan fasilitas kesehatan yang tidak memadai, terutama menyangkut mobil Ambulance untuk mengantar jemput pasien. Selama ini dirinya menggunakan mobil Jeep dan Mobil Patroli Polsek jika mengangkut jenazah, mengantar orang sakit parah berobat, persalinan dan menjemput pasien. Hal tersebut terjadi karena mobil ambulance milik Puskesmas rusak secara berkala. Melalui workshop pengembangan Desa Siaga Aktif tersebut dirinya akan bersuara dan mencoba mengajukan proposal pengadaan Mobil Ambulance sesuai Program Bupati Probolinggo. Lebih lanjut Kremat menegaskan bahwa untuk mencapai Puskesmas, dirinya harus menempuh jarak 14 KM dengan menggunakan Jeep, bahkan jika dirujuk ke Rumah Sakit perjalanan sejauh 41 KM akan berdampak pada kesehatan dan keselamatan pasien. Suatu ketika sudah ada yang meninggal di perjalanan menuju Rumah Sakit warga Desa Wonomerto.
Menyikapi keluhan dan usulan dari Kremat, Kepala Desa Jetak, Kepala Bidang Pengembangan dan Promosi Kesehatan Dinas kesehatan Kabupaten Probolinggo, Hari Kaspiono menjelaskan bahwa Progrm Bupati tentang Ambulance Desa, jangan ditafsirkan sebagai pengadaan mobil Ambulance setiap Desa, tetapi lebih kepada bagaimana sebuah Desa mampu secara swadaya dan mandiri memiliki Mobil Ambulance Desa (jenisnya bisa pick-up, colt, carry dan kijang) dan pengadaanya dapat melalui swadaya masyarakat, ADD (Alokasi Dana Desa) ataupun sharing dengan Pemerintah Desa.
Eksistensi kader kesehatan di sebuah Desa juga menjadi isu yang menarik dibicarakan dalam kesempatan workshop Pengembangan Desa Siaga. Menurut Artiono, Kades Mbrangga Kecamatan Lumbang, honor kader kesehatan harus menjadi skala prioritas Kepala Desa untuk disalurkan dari ADD (Alokasi Dana Desa) sebesar Rp. 20.000/pertemuan/orang ditambah 30.000/orang dari Dinas Kesehatan. Honor tersebut tetap tidak sebanding dengan beban kerja yang mereka emban (01/07).(JW BUKHARI/KAB.PROBOLINGGO).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar