Selasa, 25 Juni 2013

USAID - KINERJA MENTORING JURNALIS WARGA

Probolinggo, Jurnalis Warga – Firmansyah, NO (National Officer) USAID INDONESIA berkunjung ke Sekretariat USAID KINERJA dalam rangka mentoring Jurnalis Warga Kabupaten Probolinggo (25/06). Pada kesempatan tersebut juga hadir Gus Dudung, LPSS (Local Publik Specialist Services), Jurnalis Warga (Bukhari, Yoyok dan Vidya) Alfian Hanafi, FO Puskakom Surabaya yang ditempatkan di Kabupaten Probolinggo. Kegiatan mentoring tersebut dimanfaatkan oleh Jurnalis Warga untuk melakukan dialog interaktif yang dipandu Alfian Hanafi dengan nara sumber Firmansyah, NO (National Officer) USAID INDONESIA dan Gus Dudung, LPSS (Local Publik Specialist Services). Firmansyah menekankan kepada Jurnalis Warga tentang pola pemberitaan, pola pencarian berita dan pola membangun kemitraan bersama stakeholder sumber berita agar tercipta kesinambungan. Berita tidak harus berkutat pada bidang kerjasama USAID KINERJA dan Pemerintah Daerah tetapi bisa dilakukan pengembangan dengan genre yang berbeda tetapi memiliki semangat yang sama, yaitu perubahan. Pengembangan berita juga bisa dilakukan dengan menyederhanakan tema, semisal mengangkat isu UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dalam pengurusan ijin usaha, kisah suksesnya dan mengangkat isu kesehatan dalam perspektif yang berbeda, ujar Firmansyah menjelaskan.
Gus Dudung lebih kepada penguatan kelembagaan Jurnalis warga, dalam artian luas Jurnalis Warga harus menjadi kontrol sosial yang melembaga, bukan kontrol sosial perorangan. Olehnya diperlukan manejerial yang konkrit tentang capaian target, visi misi, dan penguatan kelembagaan secara profesional dan proporsional. Jurnalis Warga dalam perspektif Gus Dudung merupakan aset berharga yang lahir dari kerjasama 2 (dua) negara, yaitu Indonesia dan Amerika, jadi sudah jelas nasabnya dan selanjutnya tunjukkan kinerja dan prestasinya. Jurnalis Warga merupakan kekuatan kontrol yang tidak bisa dibendung oleh pihak manapun, karena Jurnalis Warga tidak bergantung pada sebuah perusahaan media manapun, independen dan non-partisan, bukankah ini dasyat? Tegasnya bersemangat.
Pada kesempatan yang berbeda Firmansyah dan Gus Dudung juga menghimbau kepada Puskakom Surabaya untuk membantu secara maksimal kerja Jurnalis Warga menyangkut pendampingan, konsultasi, mediasi dan pengadaan sub penunjang kegiatan seperti jadwal OMP ( Organisasi Mitra Pelaksana) di bawah USAID KINERJA untuk memudahkan Jurnalis Warga mencari sumber pemberitaan. Puskakom Surabaya merespon baik himbauan tersebut dan siap menfasilitasi. (JW BUKHARI – Kab. Probolinggo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar