Kamis, 27 Juni 2013

JURNALIS WARGA : “ KPK, SELAMAT DATANG DI PROBOLINGGO “

Probolinggo, Jurnalis Warga – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Tim Auditor USAID Indonesia akan tiba di Jawa Timur pada tanggal 01 Juli 2013 dan melakukan audit terhadap Program Kinerja USAID di Kabupaten Jember, Kabupaten Probolinggo dan Kota Probolinggo, seperti penyampaian Bakhtiar Fitanto, LPSS (Local Publik Specialist Services) pada rapat prakondisi audit di Ruang Lobi Kepala KPMP (kantor Penanaman Modal Perijinan) kabupaten Probolinggo, (27/06). Rapat prakondisi audit tersebut menghadirkan Dina Limanto, Project Coordinator Kinerja USAID Jawa Timur, H. Saleh - Kepala KPMP, Bakhtiar Fitanto - LPSS, Samsuri - Forum Pengusaha dan Jurnalis Warga.

Dina Limanto menegaskan bahwa kedatangan Tim Auditor Kinerja USAID bukan bertujuan untuk melakukan audit administrasi atau audit keuangan KPMP (Kantor Penanaman Modal dan Perijinan), tetapi lebih kepada audit tingkat keberhasilan Program Kinerja USAID di Kabupaten Probolinggo, terutama bidang Perijinan (PTSP). Dina Limanto juga menjelaskan sejarah USAID masuk ke Kabupaten Probolinggo berdasar Surat Minat Bupati Probolinggo Tahun 2011 yang didalamnya menyebut secara jelas program pilihan, Kabupaten Probolinggo dengan prioritas pertama PTSP (Perijinan Terpadu Satu Pintu) dan selanjutnya bidang Kesehatan. USAID melakukan seleksi ketat dengan sistem random dan diputuskan dari 26 Kabupaten/Kota yang mengirim Surat Minat, Kabupaten Probolinggo terpilih. Dina Limanto juga menjelaskan bahwa untuk menjalankan Program tersebut USAID Kinerja menggandeng OMP (Organisasi Mitra Pelaksana), yaitu PUPUK Surabaya penguatan PTSP (Perijinan Terpadu Satu Pintu). Penguatan tersebut menyangkut sisi penyedia layanan dalam hal ini KPMP (Kantor Penanaman Modal Perijinan) dengan penyusunan SOP (Standar Operasional Prosedur) dan Kartu Kendali juga menyangkut sisi pengguna layanan seperti Forum Pengusaha dan Jurnalis Warga sebagai kontrol kebijakan.
H. Saleh, Kepala KPMP (Kantor Penanaman Modal Perijinan) menyampaikan terima kasih atas kehadiran semua stakeholder, karena dengan adanya koordinasi tersebut kesiapan sarana dan prasarana penunjang untuk menyambut Tim Auditor akan lebih maksimal. Senada dengan Kepala KPMP, Kasi Pelayanan Perijinan – Triyono, mengusulkan untuk diberi contekan pertanyaan, yang langsung disambut geeerrr, semua hadirin. Pasalnya Bakhtiar, Dina dan yang lainya juga tidak tahu materi pertanyaan Auditor karena mereka sangat independen serta tidak sedikitpun diperlakukan istimewa dengan servis yang berlebihan. Intinya menurut Bahktiar pertannyaan tersebut pasti berkisar tentang capaian Kinerja USAID di Kabupaten Probolinggo. Bahkan perubahan fisik pada Kantor KPMP dari tampak depan, etalase, penataan ruang, meja custumer service dan petugas customer service di Kantor KPMP yang rata-rata memiliki wajah menarik dan berusia rata-rata muda menjadi daya tarik tersendiri bagi Auditor sebagai sebuah capaian kinerja positif. (JW BUKHARI – Kab. Probolinggo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar