Jumat, 15 Agustus 2014

DISPERINDAG TURUN GUNUNG “ UKM KAGET “

Probolinggo, Komunitas JW – Rombongan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Probolinggo, didampingi Kasie Perekonomian Kecamatan Dringu dan Perangkat Desa mengunjungi Usaha Mikro Kecil Menengah (UKM) Desa Dringu, Blok Pesisir (15/08). Rata-rata pengusaha Kripik Usus yang kedatangan tamu dadakan tersebut , kedatangan Disperindag Kabupaten Probolinggo sejatinya melakukan survey Kelompok UKM yang potensial untuk dilakukan pembinaan. “ kami mendapat instruksi langsung dari Kepala Dinas, untuk melakukan survey dan berdialog dengan Kelompok UKM mengenai kebutuhan mereka, intinya kami siap membantu “, kata Anjar Kabid Industri Disperindag. Ada 4 (empat) kelompok UKM Kripik Usus, yang eksis memproduksi kripik usus ayam di Blok Pesisir Desa Dringu Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo. 


Slamet seorang pengusaha Kripik Usus, menjelaskan bahwa untuk mendapatkan bahan baku berupa usus ayam mentah, dia harus berjuang keras karena setiap hari dia harus melakukan perjalanan jauh ke Mojosari – Kabupaten Mojokerto dengan sepeda motor. Kemudian menjajakan kripik usus yang digoreng isrinya ke warung-warung dengan sistem konsinyasi. Wilayah Lumajang, jember dan situbondo bahkan pasuruan sudah menjadi langganan tetapnya. “ rasane awakku remek, mas. Tapi daripada ngojek nang Papua, mending kerjo ngene, wes (red – badanku terasa hancur, mas. Tapi daripada jadi Tukang Ojek di Papua lebih baik bekerja seperti ini ). Berbeda dengan Slamet, pengusaha Kripik Usus yang lain Sugito lebih mujur nasibnya karena bahan baku usus mentah di antar dari Mojosari oleh pengepul setiap hari ke tempatnya. “ bahan baku di antar langsung ke sini, mas. Sekalian hati dan rempelo ayam yang masih mentah untuk dijual ke pasar “, kata Sugito yang juga seorang petani.

“ jangan lupa, proposalnya segera dikirim ke Disperindag, tolong dibantu Pak “. Kata Anjar sambil menoleh ke Kasie Perekonomian Kecamatan Dringu. “ siap, Bu nanti saya koordinasikan dengan Kepala Desa”. Ujar Kasie. Rombongan Disperindag Kabupaten Probolinggo, berpamitan dengan mendapat ucapan selamat jalan dan oleh-oleh Kripik Usus dari Kelompok UKM. Wajah-wajah Ukm Kripik Usus berbinar, harapan bantuan peralatan dan permodalan terbayang bagai penari bali di atas panggung. (musa-JW probolinggokab).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar