Kamis, 28 Agustus 2014

DINKES KABUPATEN PROBOLINGGO GENCARKAN MONEV FASILITAS MEMERAH ASI

KABUPATEN PROBOLINGGO (28/08)- Rombongan petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo melakukan Monev (Monitoring dan evaluasi) terhadap sarana memerah ASI di beberapa Puskesmas diantaranya yaitu Puskesmas Krejengan, Wangkal, Maron, dan Ranu gedang. Monev tersebut sudah dilakukan untuk kedua kalinya, yang sebelumnya dilakukan pada 5 lokasi yaitu PT IPMOMI, PT YTL, PJB, Rs. Rizani dan Puskesmas Paiton. 


Menurut Sutilah selaku petugas monev Dinkes mengatakan,”kegiatan monev ini dilakukan dalam rangka menindaklanjuti PERBUP No. 24 Tahun 2013 tentang ASI Eksklusif, Persalinan Aman, dan IMD (inisiasi menyusu dini), sehingga instansi yang kami datangi bisa melaksanakan perbup tersebut dengan baik” ucapnya.

Salah satu Puskesmas yang turut di monev pada hari ini Puskesmas krejengan, dalam hasil monev tersebut di paparkan bahwasanya puskesmas harus menyediakan ruangan sementara untuk memerah ASI. Hal tersebut dikarenakan puskesmas dalam renovasi bangunan. Sutilah mengatakan dalam paparan hasil monev,” walaupun dalam renovasi harus menyediakan tempat sementara dan terus dilaksanakan tanpa alasan apapun”tegasnya. 

Solawati selaku Bidan Koordinator Puskesmas Krejengan menanggapi,”kami akan merespon baik saran yang disampaikan tim monev Dinkes, bagi kami monev tersebut pembinanaan supaya lebih baik” ucapnya.
Senada dengan solawati, kepala puskesmas wangkal Kiki Putri Maharani mengatakan,”pentingnya monev ini supaya kami tau perkembangan apa-apa yang sudah kami lakukan selama ini, kekurangan hasil monev  akan kami upayakan perbaiki termasuk instalasi listrik yang kurang memadai sehingga lemari penyimpanan ASI bisa di fungsikan dengan baik” jelasnya. (JW Kab.Prob- Setiyo Adi Nugroho)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar