Senin, 21 Oktober 2013

Puskesmas Wangkal Kabupaten Probolinggo Gencarkan Penyuluhan AIDS Pada Siswa SMP

Probolinggo (19/10/2013) Dari tahun ketahun angka kejadian HIV/ AIDS di Kabupaten Probolinggo terus meningkat,  Berdasarkan data yang diperoleh dari Puskesmas wangkal daerah terbanyak angka penderita HIV/AIDS sampai dengan juli 2013 di duduki kecamatan paiton dengan 68 kasus, kraksakan 60 kasus, besuk 48 kasus, dan daerah gading 26 kasus. Terus meningkatnya temuan kasus HIV/AIDS di Kabupaten Probolinggo membuat Puskesmas Wangkal kecapatan gading gencarkan upaya prefentif.

Berbagai cara sudah dilakukan, salah satunya dengan penyuluhan kesehatan, saat ini sasarannya kepada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Hal ini dilakukan pihak puskesmas “mengingat remaja sangat rentan sekali terhadap pengaruh luar, antara lain narkoba dan pergaulan bebas. Kalau tidak segera ditangani maka akan menjadi bom waktu yang suatu saat akan meledak”, tutur Arif Eko  T, S.Km ketua tim penyuluhan.
SMP Negeri 2 Gading yang pada kali ini mendapat giliran penyuluhan, menurut kepala sekolah ibu Dra. Hj. Sudarmi Astutik, MPd, “ penyuluhan ini sangat bermanfaat bagi siswa, dan ini sesuai dengan mata ajar kami  pada kelas 13. Program sekolah pun dalam meningkatkan iman dan takwa siswa dituntut untuk sholat dhuha dan dhuhur bersama” tuturnya.
Dalam penyampaian penyuluhan kesehatan tentang HIV/AIDS kepada 160 siswa SMPN 2 gading, nampak sekali antusias dalam mendengarkan penyuluhan dari awal sampai akhir. Saat ditanyakan kepada beberapa siswa tentang HIV/AIDS rata-rata mereka senang sekali dengan adanya  penyuluhan semacam ini, “ manambah wawasan kepada kita” ujar Diana siswa SMP Gading. (JW Kab Prob/ Setiyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar