Probolinggo (07/10/2013) Desa Binor terletak paling ujung
timur dari Kabupaten Probolinggo, tepat berbatasan dengan Kabupaten Situbondo dan
juga termasuk area komplek pembangkit listrik Jawa-Bali. Walaupun Desa Binor
termasuk desa yang jauh dari pusat kota bukan berarti kalah dalam memberikan
pelayanan kesehatan. Hal ini dibuktikan dengan adanya POSKESDES (pos kesehatan
desa) dan PUSTU (penkesmas pembantu), Nampak bangunan poskeskes yang masih baru
dan kokoh ini ramai dikunjungi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan
kesehatan
Poskesdes desa binor memberikan pelayanan kesehatan dari
waktu jam 08.00-14.00 WIB, akan tetapi jikalau masyarakat membutuhkan
pertolongan bisa langsung menghubungi petugas dalam waktu 24 jam. Kepala Desa
Binor menyampaikan,” poskesdes yang ada di desa ini insyallah terlengkap di Kabupaten
Probolinggo, kami ingin memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik buat
masyarakat”.
Lanjut menjelaskan,” dana dalam melengkapi peralatan kami mendapatkan
dari PNPM dan dari perusahaan pembangkit listrik Jawa-Bali”. Petugas kesehatan poskesdes
desa binor terdiri dari Bidan Desa, Perawat dan juga 2 orang BAGAS (Pembantu
Petugas). Berdasarkan keterangan bidan yang akrab dipanggil bu aan menyampaikan”
hambatan yang selama ini dalam memberikan pelayanan khususnya persalianan 24
jam masih belum bisa dilaksanakan, karena terkait dengan biaya operasionalnya”.
“ biaya operasional untuk untuk poskesdes ini tidak ada, dikarenakan
dalam memberikan pelayanan kita tidak
menarip uang sepeserpun, sehingga untuk menyiasati pasien bisa menghubungi
petugas dalam waktu 24 jam jika dibutuhkan”lanjutnya.
Kedua bagas ini bukan hanya bertugas diposkesdes saja akan
tetapi juga bersama bidan memberikan pelayanan posyandu balita dan lansia. Dan kedua
bagas (ibu yuliana, ibu hostin) sangat tanggap tehadap ketidakhadiran balita dalam
posyandu, hal ini pastinya akan dilakukan sweeping untuk memenuhi target 100%.
Saat JW bertanya kepada salah satu pengunjung menyampaikan
kepuasannya terhadap pelayanan kesehatan poskesdes ini,” saya senang karena
tanggap, dan ramah-ramah petugasnya” sambil menunggu antrian. (JW Kabupaten
Probolinggo/setiyo adi)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar