Selasa, 08 Oktober 2013

Desa Binor Tampil Prima Melayani Kesehatan Masyarakat

Probolinggo (07/10/2013) Desa Binor terletak paling ujung timur dari Kabupaten Probolinggo, tepat berbatasan dengan Kabupaten Situbondo dan juga termasuk area komplek pembangkit listrik Jawa-Bali. Walaupun Desa Binor termasuk desa yang jauh dari pusat kota bukan berarti kalah dalam memberikan pelayanan kesehatan. Hal ini dibuktikan dengan adanya POSKESDES (pos kesehatan desa) dan PUSTU (penkesmas pembantu), Nampak bangunan poskeskes yang masih baru dan kokoh ini ramai dikunjungi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan

Poskesdes desa binor memberikan pelayanan kesehatan dari waktu jam 08.00-14.00 WIB, akan tetapi jikalau masyarakat membutuhkan pertolongan bisa langsung menghubungi petugas dalam waktu 24 jam. Kepala Desa Binor menyampaikan,” poskesdes yang ada di desa ini insyallah terlengkap di Kabupaten Probolinggo, kami ingin memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik buat masyarakat”.
Lanjut menjelaskan,” dana dalam melengkapi peralatan kami mendapatkan dari PNPM dan dari perusahaan pembangkit listrik Jawa-Bali”. Petugas kesehatan poskesdes desa binor terdiri dari Bidan Desa, Perawat dan juga 2 orang BAGAS (Pembantu Petugas). Berdasarkan keterangan bidan yang akrab dipanggil bu aan menyampaikan” hambatan yang selama ini dalam memberikan pelayanan khususnya persalianan 24 jam masih belum bisa dilaksanakan, karena terkait dengan biaya operasionalnya”.
“ biaya operasional untuk untuk poskesdes ini tidak ada, dikarenakan  dalam memberikan pelayanan kita tidak menarip uang sepeserpun, sehingga untuk menyiasati pasien bisa menghubungi petugas dalam waktu 24 jam jika dibutuhkan”lanjutnya.
Kedua bagas ini bukan hanya bertugas diposkesdes saja akan tetapi juga bersama bidan memberikan pelayanan posyandu balita dan lansia. Dan kedua bagas (ibu yuliana, ibu hostin) sangat tanggap tehadap ketidakhadiran balita dalam posyandu, hal ini pastinya akan dilakukan sweeping untuk memenuhi target 100%.
Saat JW bertanya kepada salah satu pengunjung menyampaikan kepuasannya terhadap pelayanan kesehatan poskesdes ini,” saya senang karena tanggap, dan ramah-ramah petugasnya” sambil menunggu antrian. (JW Kabupaten Probolinggo/setiyo adi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar