Senin, 21 Oktober 2013

LOKAKARYA II SPM, INTEGRALISASI PROGRAM BIDANG KESEHATAN

Probolinggo, Jurnalis Warga – Lokakarya II dengan Tema Analisis Kesenjangan antara pencapaian dan target SPM Kesehatan, penghitungan biaya untuk pencapaian target SPM Kesehatan serta pengintergrasian ke dalam dokumen perencanaan Dinas Kesehatan dan RPJMD Kabupaten Probolinggo yang diselenggaralan LPA Kabupaten Probolinggo di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo berjalan maksimal dan sampai lupa waktu istirahat (21/10). Lokakarya II tersebut sempat diingatkan oleh penyelenggara Rusdjiono (Ketua LPA Kabupaten Probolinggo) bahwa sudah waktunya ISHOMA (istirahat, sholat dan makan), karena terlalu bersemangat kita sampai lupa makan dan istirahat, ujar Ari Suciati (Dinkes Kabupaten Probolinggo) yang juga memoderatori Lokakarya II SPM.
Disela-sela Lokakarya, Bachtiar Fitanto (LPSS USAID-KINERJA) menjelaskan bahwa Lokakarya II SPM, lebih kepada pencarian akar masalah, gap-gap, kesenjangan kondisi pelayanan dan realitas sekarang, sehingga diketahui alternatif solusi pemecahan masalah. Selanjutnya setelah diketahu alternatif pemecahan masalah, dirumuskan format kegiatan, masuk dalam dokumen Renstra Dinas Kesehatan dan RPJMD Kabupaten Probolinggo. Endingnya biaya kegiatan tersebut dapat dianggarkan dalam APBD Kabupaten Probolinggo sehingga Target SPM dapat terlaksana dengan baik.
Pada kesempatan berbeda, Susilowati – Bidan Koordinator dari Kecamatan Sumberasih menegaskan bahwa Lokakarya II, lebih kepada identifikasi permasalahan krusial di 3 (Tiga) Puskesmas, PKM Sumberasih, PKM Krucil dan PKM Maron untuk dicarikan format solusi yang komprehensif, holistik dan integral. (JW Bukhari-Kab.Probolinggo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar