Kamis, 29 Agustus 2013

Sosialisasi Perijinan Panen Kritik dan Pertanyaan


Probolinggo, Jurnalis Warga – Sosialisasi Perijinan yang diselenggarakan Kantor Penanaman Modal dan Perijinan (KPMP) Kabupaten Probolinggo di Pendopo Camat Tongas banyak menuai kritik dan saran dari peserta (27/08). Sosialisasi Perijinan di Kecamatan Tongas dibuka secara resmi Kepala Kantor Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten Probolinggo yang diwakilkan kepada Kasi Pelaporan dan Data Ali Kosim, M.Si menegaskan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut merupakan kegiatan rutin yang digelar sejak tahun 2011 di 24 Kecamatan Kabupaten Probolinggo. Sosialisasi ini menghadirkan 4 (empat) narasumber dari Dinas Kelautan Perikanan, BLH, Satpol PP dan KPMP. Acara sosialisasi yang dipandu oleh Bukhari, SH berlangsung gayeng dan panen kritik dan pertanyaan.
Sesi pertama langsung disambut oleh Suryanto peserta yang juga Seksdes Bayeman, menyoroti perihal pendataan nelayan yang tidak proporsional, perlunya pemutihan untuk IMB dan pelibatan Pemerintah Desa dalam pengurusan Perijinan. Ketua MWC NU Kecamatan Tongas juga menyoroti masih banyaknya Kapal yang menggunakan pukat harimau dan himbauan kepada Satpol PP untuk menertibkan warung remang-remang yang masih banyak beroperasi di Kecamatan Tongas.
Kabid Perikanan Tangkap DKP Kabupaten Probolinggo Setiyono menjelaskan bahwa pelaku WCW (pukat harimau) dan Jonggrang (jaring raksasa) merupakan nelayan luar dan DKP Kabupaten Probolinggo sudah melakukan aktivitas patroli laut kerjasama dengan syahbandar, bahkan seringkali melakukan penangkapan tetapi tetap menggunakan hukum kearifan lokal, nelayannya dilepas dan perahu serta jaringnya disita. Setiyono berasalan bahwa nelayan hanya obyek yang dimanfaatkan oleh tengkulak besar. Sementara Didit Kasi Trantib Kabupaten Probolinggo menegaskan bahwa Satpol PP siap menegakkan peraturan daerah, termasuk menertibkan warung remang-remang. Olehnya perlu partisipasi masyarakat untuk memberikan informasi kepada Satpol PP melalui Kasi Trantib Kecamatan. (JW Bukhari-Kabupaten Probolinggo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar