Kamis, 01 Agustus 2013

BIDAN HANYA UNTUK PEREMPUAN

Probolinggo (01/08/2013) Profesi bidan saat ini masih menjadi pilihan masyarakat, terbukti dengan setiap tahunnya di Jawa Timur meluluskan ribuan bidan (malang post,12/09/2012). Semenjak 24 Juni 1951 berdirinya Ikatan Bidan Indonesia (IBI), seorang bidan adalah berjenis kelamin perempuan.  Defenisi bidan menurut World Health Organization (WHO) merupakan seseorang yang telah menyelesaikan program pendidikan bidan yang diakui oleh Negara serta memperoleh kualifikasi dan diberi izin untuk menjalankan praktek kebidanan.


Menurut ibu Mari’ah Ketua IBI Kabupaten Probolinggo menyampaikan “ dari dahulu memang bidan di Indonesia adalah seorang perempuan, mengingat masyarakat di Indonesia ini masih menganut budaya-budaya atau agama yang kental, sehingga dengan memberikan pelayanan kebidanan sesama jenis terkesan lebih dekat dengan pasien”.
 
Lanjut ibu mari’ah menjelaskan,” kalaupun banyak dokter yang laki-laki itu dikarenakan dokter kandungan masih baru dan masih sedikit. banyak masyarakat mempertahankan budaya atau agama memilih berkunjung kepada bidan atau dokter yang sesama jenis”.  Dengan kata lain profesi kebidanan di Indonesia ini tertutup bagi laki-laki. (JW Kab Prob/ Setiyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar