PUSKESMAS SUMBER ASIH, INSPIRASI PUSKESMAS KABUPATEN PROBOLINGGO.
Letaknya
tidak begitu jauh dari terminal Bayuangga, Bangunannya tidak begitu
mewah, akan tetapi dari sana terpancar aura teduh bagi setiap orang yang
berkunjung, hal ini dikarenakan cat berwarna hijau yang mendominasi
serta rimbunnya pepohonan. ramahnya pelayanan membuat saya begitu
tertarik untuk lebih tau lagi setiap sudut Puskesmas ini. Beruntung pada
hari itu (01/05) saya berkesempatan untuk bertemu langsung dengan
Kepala Puskesmas, dr. Hariawan D.T, M.MKes. Sosoknya yang begitu murah
senyum membuat saya dan beberapa teman merasa nyaman untuk berdialog dg
beliau.
Puskesmas sumber asih mempunyai motto ‘melayani dengan
senyum’, hal ini diimplementasikan pada setiap pelayanan, baik secara
administrasi maupun dalam pelayanan medis. Komitmennya berupaya untuk
meningkatkan pelayanan public sangat terlihat dengan adanya berbagai
inovasi yang dapat mengispirasi seluruh Puskesmas di Kabupaten
Probolinggo, diantaranya: Pelayanan administrasi dengan finger print
(cap jempol) sehingga lama pelayanan lebih cepat hanya 3 menit saja,
manager on duty yang bertugas untuk melakukan monitoring pada setiap
pelayanan Puskesmas dan sejak tahun kemarin Puskemas sumber asih menjadi
satu-satunya puskesmas yang mempunyai Badan Pertimbangan Kesehatan
Kecamatan (BPKK) yang anggotanya terdiri dari Tokoh agama, tokoh
masyarakat, PCNU, ketua desa siaga serta organisasi masyarakat dari
masing-masing desa untuk memberikan suatu masukan kepada Puskesmas
terkait pelayanan public yang diberikan, advokasi program puskesmas di
desa, serta sebagai kepanjangan tangan Puskesmas dalam memberikan
pendidikan kesehatan kepada masyarakat. Sejak tahun 2013, setiap 3 bulan
sekali diagendakan pertemuan antara pihak Puskesmas dan BPKK untuk
mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan. Sedangkan masukan dari
masyarakat dapat disampaikan sewaktu-waktu kepada pihak Puskesmas
melalui BPKK.
Upaya lain yang dilakukan oleh Puskesmas untuk
meningkatkan kualitas pelayanan adalah dengan melakukan Survey indeks
kepuasan secara berkala yaitu 2 kali dalam setahun. Selain itu Puskesmas
juga memfasilitasi masyarakat dengan menyediakan layanan pengaduan
masyarakat yang dapat disampaikan secara langsung maupun melalui kotak
pengaduan. Sekecil apapun pengaduan maupun kritikan dari masyarakat
mendapatkan respon yang baik dari Puskesmas, “ sesampah dan sekecil
apapun suatu kritikan, bagi kami itu tetap harta berlian” ujar
dr.hariawan D.T, MM.Kes. Selanjutnya hasil indeks kepuasan maupun
pengaduan masyarakat ditindak lanjuti berupa janji perbaikan layanan.
Berbagai usaha yang dilakukan oleh Puskesmas telah membuahkan hasil.
Kesan yang ada di hati masyarakat tentang pelayanan Puskesmas adalah
sangat baik, “ dokterrah bik bu bidannah ber sabber” ujar sukaeni (29
th) yang telah 10 hari berada di Puskemas karena merawat bayinya (6 bln)
yang sakit diare.
Banyaknya prestasi yang telah diraih oleh
Puskesmas Sumber Asih menjadi bukti keberhasilan upaya peningkatan
kualitas pelayanan. Prestasi yang telah diraih oleh Puskesmas
diantaranya: 3 kali berturut turut yaitu pada tahun 2010, 2011, 2012
menjadi juara 1 penilaian kebersihan puskesmas rawat inap, tahun 2011
juara 1 puskesmas rawat inap dengan penampilan dan pelayanan terbaik,
dan pada tahun 2012 juara 1 penilaian kinerja tingkat Kab.Probolinggo.
selain prestasi tersebut, pada tahun 2008 Puskesmas Sumber Asih menjadi
satu-satunya puskesmas di kabupaten probolinggo yang meraih Sertifikat
ISO 9001:2008, itu artinya Puskesmas Sumber Asih telah memenuhi
persyaratan internasional dalam hal manajemen penjaminan mutu dari
produk atau jasa pelayanan yang telah dihasilkan. Idealnya, perpanjangan
untuk ISO 9001 dilakukan setiap 2 tahun sekali. Adanya keterbatasan
dana menjadi satu-satunya alasan belum diajukannya perpanjangan ISO. “
kendalanya di dana mbak, untuk itu kami sangat mengharapkan dukungan
dari Pemerintah Kabupaten, proposal sudah kami ajukan ke dinas
Kesehatan, akan tetapi masih belum ada jawaban sampai dengan sekarang”
Yusrika, sekretaris pelayanan Publik menutup percakapan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar