Jumat, 31 Mei 2013

Media Mainstream Dukung Jurnalis Warga Probolinggo


Probolinggo 13/05/2013- Jurnalis Warga (JW) Kabupaten Probolinggo saat ini sudah di dukung oleh media mainstream (media arus utama) yang berada di Kota dan Kabupaten Probolinggo. Dukungan tersebut disampaikan dalam acara pertalian kerjasama antara JW dengan media mainstream yang di adakan oleh PUSKAKOM Surabaya di kantor KINERJA hari ini. Pada awal pembukaan disampaikan oleh pak Yayan Sakti bagaimana JW KAB PROB ini terbentuk mulai dari mengidentifikasi, pelatihan, pendampingan serta menunjukan karya-karya JW yang sudah terbit. “ harapan saya hasil karya JW ini bisa dimuat di media mainstream”, tutur pak yayan sakti yang menjabat sebagai program manager PUSKAKOM Surabaya ini.

Dalam penyampaian pesan dan kesan Jurnalis warga, di awali dengan anita mega yang menceritakan bagaimana awal masuk menjadi jurnalis warga “ sebenarnya pada awalnya saya kurang PD menulis walaupun saya gemar menuli, akan tetapi sekarang saya merasa PD menulis saat hasil tulisan saya dimuat di berita nusa, dan ternyata menulis itu asik”, sambil senyum malu menyampaikan kata-kata tersebut. sedangkan menurut JW setiyo yang satu kantor dengan anita mega di STIKES Nurul Jadid ini menyampaikan “ teman-teman JW sudah berkomitmen bersama untuk mengembangkan Jurnalis Warga Kabupaten Probolinggo lebih maju, dan sudah memprogramkan kegiatan-kegiatan baik terkait jurnalis, kekompakan anggota, maupun kegiatan-kegiatan social, maka dari itu butuh dukungan dari berbagai pihak terutama media mainstream sehingga karya-karya kami ada yang menampung”.

Setelah pernyataan dari JW giliran media mainstream yang diawali oleh pak didik dari radio WK FM menyampaikan dukungannya, dengan menjelaskan perbedaan media tulis dengan media audio. “media radio itu sesuatu yang sepintas, berita yang didengar hanya sepintas, jadi harus mengena pada masyarakat, kalau bisa ada nara sumber yang di wawancarai dengan di recam”. Tutur pak didik yang berambut gondrong dan rapi, pernah mengaku sebagai intel di bromo saat kunjungan Susilo Bambang Yudoyono (SBY) mencairkan suasana. Disambung dengan bu yulis dari Bromo FM KOMINFO Kab Prob menyampaikan juga dukungannya “ kami siap menampung tetapi temen-temen JW harus mengetahui langkah-langkah media audio ini”.

Menutup acara pak yayan menyampaikan sekali lagi harapannya “ kasaranne aku jaluk tulung golekno ruangan gawe temen-temen JW” (pada intinya saya minta tolong sedikan tempat ruang untuk menampung karya-karya JW. Red). Disampaikan juga nanti kita akan berkunjung ke tempat siaran sambil harapannya temen-temen JW diajari tentang format radio. Acara ditutup dengan pemberian draf MoU (momerandum of understanding) naskah kerjas sama. (JW/ SETIYO)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar