Jumat, 31 Mei 2013

TINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK, PUSKESMAS SUMBERASIH BENTUK TIM KHUSUS


Puskesmas Sumberasih, terus – menerus berinovasi untuk peningkatan pelayanan publik. Kali ini, Puskesmas membentuk Tim khusus yang bertugas untuk melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pelayanan puskesmas selama jam buka atau disebut MOD (Manager On Duty). Mereka yang ditunjuk sebagai MOD bergiliran tiap harinya. Biasanya petugas yang hari itu mendapatkan tugas sebagai MOD memakai pakaian khusus berwarna hitam dan menyematkan pin khusus bertuliskan “MANAGER ON DUTY”.

MOD bertugas untuk memonitoring produk/pelayanan yang tidak sesuai standar serta menangani keluhan pasien. MOD melakukan pengawasan dengan cara berkeliling ke tiap ruang pelayanan kesehatan dan selalu memantau berfungsinya sarana-prasarana penunjang pelayanan kesehatan. “Setiap dua jam sekali, kebersihan kamar mandi selalu dipantau oleh MOD. Jika kamar mandi kotor maka MOD akan segera melapor ke petugas kebersihan”, demikian tutur dr. Hariawan Dwi Tamtomo, MM, Kes , selaku Kepala Puskesmas Sumberasih.

Petugas MOD mencatatkan semua temuan mereka pada lembar formulir khusus yang berisi rumusan terkait sebab-sebab ketidaksesuaian pelayanan, penanganan pelayanan & rencana perbaikan. Jika ditemukan ketidaksesuaian yang perbaikannya tidak dapat segera dilakukan. Maka permasalahan tersebut akan disampaikan dalam rapat Evaluasi MOD yang dilakukan setiap hari Sabtu.

Siang itu, 1 Mei 2013, MOD menemukan ketidaksesuaian pelayanan yang disebabkan oleh pemadaman listrik dan tidak ada sarana pengganti listrik (genzet), sehingga mengganggu pelaksanaan pelayanan. Akibat pemadaman listrik tersebut, pelayanan di Poli Gigi memakai cara manual dan Simpustronik untuk sementara tidak dapat dioperasikan. (JW/KAB PROB/VN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar