TINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK, PUSKESMAS SUMBERASIH BENTUK TIM KHUSUS
Puskesmas
Sumberasih, terus – menerus berinovasi untuk peningkatan pelayanan
publik. Kali ini, Puskesmas membentuk Tim khusus yang bertugas untuk
melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pelayanan puskesmas selama jam
buka atau disebut MOD (Manager On Duty). Mereka yang ditunjuk sebagai
MOD bergiliran tiap harinya. Biasanya petugas yang hari itu mendapatkan
tugas sebagai MOD memakai pakaian khusus berwarna hitam dan menyematkan
pin khusus bertuliskan “MANAGER ON DUTY”.
MOD bertugas untuk
memonitoring produk/pelayanan yang tidak sesuai standar serta menangani
keluhan pasien. MOD melakukan pengawasan dengan cara berkeliling ke tiap
ruang pelayanan kesehatan dan selalu memantau berfungsinya
sarana-prasarana penunjang pelayanan
kesehatan. “Setiap dua jam sekali, kebersihan kamar mandi selalu
dipantau oleh MOD. Jika kamar mandi kotor maka MOD akan segera melapor
ke petugas kebersihan”, demikian tutur dr. Hariawan Dwi Tamtomo, MM, Kes
, selaku Kepala Puskesmas Sumberasih.
Petugas MOD mencatatkan
semua temuan mereka pada lembar formulir khusus yang berisi rumusan
terkait sebab-sebab ketidaksesuaian pelayanan, penanganan pelayanan
& rencana perbaikan. Jika ditemukan ketidaksesuaian yang
perbaikannya tidak dapat segera dilakukan. Maka permasalahan tersebut
akan disampaikan dalam rapat Evaluasi MOD yang dilakukan setiap hari
Sabtu.
Siang itu, 1 Mei 2013, MOD menemukan ketidaksesuaian
pelayanan yang disebabkan oleh pemadaman listrik dan tidak ada sarana
pengganti listrik (genzet), sehingga mengganggu pelaksanaan pelayanan.
Akibat pemadaman listrik tersebut, pelayanan di Poli Gigi memakai cara
manual dan Simpustronik untuk sementara tidak dapat dioperasikan.
(JW/KAB PROB/VN)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar