Selasa, 22 Juli 2014

Peduli Persalinan Aman dan ASI Ekslusif Takmir Masjid Jami’ At-Taubah Kraksaan Bentuk Komunitas Becak Sehat

Bulu Kraksaan- Acara buka bersama sekaligus peresmian Komunitas Becak Sehat (KBS) di Masjid Jami’ At-Taubah Perum Bulu Indah Kraksaan diselenggarakan  atas kerja sama Takmir Masjid dan STIKes Nurul Jadid (22/07). Acara tersebut dihadiri 23 anggota KBS,  Struktur takmir  serta perwakilan dari STIKes Nurul Jadid. Acara berlangsung hikmah yang dimana acara dimulai dengan sambutan Ketua takmir disusul dengan sambutan Ketua STIKes Nurul Jadid, berikutnya pembentukan struktur, pembacaan tahlil, takjil, sholat magrib jama’ah, berbuka bersama, foto kartu anggota, dan ditutup dengan pembagian parsel serta kaos anggota KBS.
Menurut Siman selaku ketua remaja masjid mengatakan,”kawasan di daerah sini dekat dengan pasar dan banyak sekali abang tukang becak, sehingga takmir masjid mempunyai kewajiban untuk memfasilitasi abang-abang tukang becak untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan dan tentunya dalam beribadah dibutuhkan badan yang sehat” jelasnya.
Senada dengan ketua Remas, Ketua STIKes Nurul Jadid H. Hefniy mengatakan,” sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi, STIKes Nurul Jadid mempunyai kewajiban untuk melaksanakan pengabdian masyarakat dalam konteks pemberdayaan masyarakat untuk Pola Hidup Bersih dan Sehat. Sasarannya kepada abang becak, hal ini dikarenakan becak masih sebagai sarana transportasi favorit bagi masyarakat, sehingga abang becak bisa sebagai sarana menyebarluaskan informasi kesehatan dan agama yang efektif” jelasnnya.
“Dalam pertemuan rutin nanti akan kita lakukan pembinaan kesehatan dan kerohaniannya, dalam penyusunan program KBS ini kita arahkan kepada kesehatan yang dapat membantu Pemerintah dalam mencapai salah satu indicator MDG’s yaitu tentang persalinan aman dan ASI eksklusif ” Lanjut mahasiswa Program Doktor Universitas Islam Negeri Malang tersebut.
Dalam musyawarah diputuskan jadwal rutin pertemuan yaitu 1x / bulan yaitu pada setiap akhir setelah sholat isya’ berjamaah. Menurut ketua KBS terpilih Sapari mengatakan “ siap melaksanakan amanah ini sebaik-baiknya” ucapnya. KBS Desa Bulu Kraksaan ini merupakan cabang baru yang dibuka STIKes Nurul Jadid bekerjasama dengan takmir Masjid Jami’ At-Taubah yang sebelumnya ada di Desa Karanganyar Paiton. (JW Kab Prob/ Setiyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar